Cara Cerdas Memilih Sekolah untuk Sang Buah Hati

Redaksi

Cara Cerdas Memilih Sekolah untuk Sang Buah Hati

JAKARTA - Anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus diperhatikan kelayakan dan pendidikan di masa mendatang.

Maka dari itu, setiap orangtua pasti ingin sekali memberikan yang terbaik kepada anak-anak mereka. Termasuk dalam hal pendidikan. Hal itu tidak menutup menjadikan para orangtua berupaya semaksimal mungkin menemukan sekolah yang terbaik untuk anak-anaknya.

Untuk itu, Nusantaraterkini.co mencoba menilik cara memilih sekolah untuk buah hati para orangtua yang dilansir dari laman hellosehat pada Selasa (5/12/2023).

Pada dasarnya untuk memilih sekolah jangan asal. Perlu diperhatikan beberapa poin sebelum kalian menyekolahkan anak kalian di satu sekolah. Berikut beberapa tips disediakan nusantaraterkini.co yang perlu kalian perhatikan.

Pelajari Kurikulum Sekolah

Para orangtua, sebelum memasukkan anak kalian sekolah, terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah mempelajari kurikulum sekolah tersebut. Cari tahu juga apa kurikulum yang digunakan sekolah. Apakah ada kurikulum tertentu yang lebih difokuskan atau diunggulkan seperti pendidikan agama, sains atau seni.

Begitupun, kalian para orangtua harus perhatikan apabila memilih menyekolahkan anak ke sekolah internasional. Itu dikarenakan setiap sekolah internasional bisa menggunakan kurikulum yang berbeda.

Kenali Kualitas Guru di Sekolah

Bisa dibilang, guru merupakan orang terdekat anak kalian saat berada di sekolah. Hal itu pun membuat guru pula yang akan menyampaikan materi pelajaran, mempraktekkan metode belajar serta membimbing anak kalian, para orangtua.

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui bagaimana kualitas calon guru buah hati. Setidaknya, pastikan sekolah tersebut memiliki guru yang andal dan profesional. Pastikan juga guru peduli terhadap para siswanya.

Reputasi dan Akreditasi Sekolah

Yang perlu diingat dalam memilih sekolah untuk anak, ketahui juga apa akreditasi sekolah serta bagaimana sekolah yang kalian pilih dipandang di masyarakat dan oleh sekolah lainnya.

Karena hal tersebut sangat penting mengingat akreditasi dan reputasi merupakan satu bukti bahwa sekolah tersebut berkualitas.

Bila perlu tanyakan kepada para alumni tentang sekolah tersebut dan bagaimana ia dipandang saat pindah ke sekolah pada jenjang selanjutnya.

Lokasi Sekolah

Tidak dipungkiri lokasi memang menjadi satu yang harus diperhatikan para orangtua ketika mencari sekolah untuk anak-anak.

Selain memilih yang terjangkau, memperhatikan lokasi juga membantu kalian menentukan apakah anak pergi sekolah jalan kaki, diantar atau naik mobil jemputan sekolah.

Pahami Lingkungan Sekolah

Sekolah dengan lingkungan yang bersih bisa menjadi satu tips penting bagi kalian dalam memilih sekolah untuk anak.

Lingkungan sekolah yang bersih sudah tentu baik untuk kesehatan anak. Apalagi anak kalian akan menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari di lingkungan sekolah tersebut.

Bukan cuma itu, lingkungan sekolah yang bersih biasanya memiliki guru yang juga mengutamakan kebersihan. Karena, mereka dapat menanamkan kebiasaan untuk menjaga kebersihan sekolah dan diri sendiri.

Itulah tadi beberapa tips yang dilansir Nusantaraterkini.co buat kalian yang ingin memilih sekolah untuk sang buah hati. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co