Cermati Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi

Cermati Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

JAKARTA - Di zaman yang serba cepat dan bergantung sama dunia digital, membuat kalian menjadi malas untuk bergerak. Begitupun, nusantaraterkini.co berupaya untuk mengulik manfaat dari jalan kaki.

Jalan kaki sering dianggap sepele daripada jenis olahraga lainnya seperti jogging atau bersepeda. Padahal, manfaat jalan kaki bukan hanya sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari saja, melainkan juga bisa menjadi satu jenis olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan.

Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar menjabarkan manfaat dari jalan kaki bagi kesehatan tubuh kalian, seperti

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh pengeroposan tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan lebih mudah patah. Untuk mencegah osteoporosis, kalian dapat mencoba berjalan kaki secara rutin setiap hari. Karena, kata wanita yang akrab disapa Coach Tience ini manfaat jalan kaki untuk kesehatan tulang ini juga bisa kalian kombinasikan dengan aktivitas lain seperti bikini dan joging.

Kesehatan Mental yang Baik

Jalan kaki manfaatnya hampir sama dengan meditasi. Karena dengan berjalan kaki dapat melepaskan energi positif dan membantu mengatasi masalah mental seperti depresi dan kecemasan. Karena, kata Coach Tience hal tersebut dapat menempatkan kalian dalam Moody yang baik sepanjang hari.

Ketika kalian berjalan kaki pada pagi hari, otak kalian akan melepaskan dua hormon yakni serotonin dan endorfin. Hormon ini dikenal ampuh untuk meningkatkan suasana hati dan melepaskan stres.

Kekuatan Otot dan Stamina

Jalan kaki bisa membantu kalian meningkatkan daya tahan otot dan meningkatkan daya dukung oksigen darah, sehingga meningkatkan stamina secara keseluruhan. Jadi, kata Coach Tience, dengan teratur jalan kaki tidak perlu khawatir lelah dalam mengarungi aktivitas. Sebaiknya jalan kaki dilakukan pada pagi hari, sebelum melakukan aktivitas.

Mencegah Diabetes

Dengan membiasakan berjalan kaki sekitar 6 km per jam, waktu tempuh sekitar 50 menit ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes tipe 2, khususnya pada kalian yang bertubuh gemuk. Diabetes dapat diatasi tanpa perlu minum obat, cukup dengan melakukan gerak badan rutin berkala.

Membantu Membakar Kalori

Jalan kaki secara rutin dapat membantu kalian membakar kalori pada tubuh. Dengan begitu, kalian bisa mengontrol berat badan dengan lebih mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kalian melakukan jalan kaki untuk membakar kalori, seperti

Jarak

Pastikan kalian berjalan kaki dengan jarak yang cukup untuk membantu tubuh membakar kalori

Kecepatan

Gunakan kecepatan yang sedang agar kalian tidak terlalu lambat atau cepat dalam berjalan

Lokasi

Kalian bisa memilih lokasi yang menanjak dan menurun. Kalian juga bisa memilih berjalan kaki pada area anak tangga.

Meningkatkan Suasana Hati

Bukan hanya sekadar kesehatan fisik, berjalan kaki juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Karena, kata Coach Tience, dengan berlawan kaki mampu menurunkan rasa cemas, depresi, hingga suasana hati yang buruk.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga apapun. Jika kalian mengalami cidera saat berolahraga, segera datang ke Powerfit Indonesia yang berada di Jalan Benhil 3 No 2, Jakarta Pusat untuk diberitahu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi cidera akibat belum pemanasan saat berolahraga. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co