Hidung Tersumbat, Berikut Cara Ampuh Serta Penyebabnya

Redaksi

Hidung Tersumbat, Berikut Cara Ampuh Serta Penyebabnya

JAKARTA - Hidung tersumbat rasanya bernafas pun bisa jadi suatu tantangan berat. Selain kesulitan bernafas, hidung yang mampet kadang kala juga menyebabkan gejala tidak nyaman lainnya seperti sakit kepala serta menurunkan kemampuan indra penciuman.

Kira-kira apa yang menyebabkan hidung kalian tersumbat? Terus, bagaimana cara mengatasinya? Untuk itu, Nusantaraterkini.co mencoba untuk menilik penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat seperti dilansir dari hellosehat pada Selasa (5/12/2023).

Pada umumnya, banyak orang yang mengira hidung tersumbat disebabkan karena penggumpalan lendir pada saluran hidung. Kenyataan hidung tersumbat tidak selalu terjadi karena penumpukan lendir.

Hidung tersumbat disebabkan apapun yang menyebabkan terjadinya iritasi atau peradangan pada jaringan hidung. Karena hidung memiliki jaringan pembuluh darah berkatup yang luas dan bisa terbuka-tertutup.

Berikut beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan hidung mampet:

Batuk Pilek

Sepintas, batuk pilek mungkin mirip dengan penyakit flu. Padahal, kedua kondisi ini sangat berbeda. Batuk pilek atau yang juga dikenal dengan common cold adalah kondisi yang biasanya disebabkan oleh rhinovirus bukan karena virus influenza.

Selain itu, perbedaan flu dan batuk pilek terletak pada tingkat keparahannya. Gejala-gejala batuk pilek biasanya bersifat lebih ringan jika dibandingkan dengan flu. Banyak juga orang menyebut kondisi ini sebagai flu biasa.

Flu

Flu atau influenza adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus influenza. Ketika tubuh terserang virus flu, peradangan dapat terjadi di selaput lendir pada hidung. Itu sebabnya, hidung tersumbat jadi satu gejala flu yang umum terjadi.

Penyakit flu sangat mudah menular dan dapat menyebabkan gejala lain seperti demam, nyeri otot, menggigil, sakit kepala serta batuk.

Sinusitis

Sinusitis merupakan infeksi yang terjadi pada sinus atau rongga hidung. Infeksi tersebut menyebabkan peradangan dan produksi lendir berlebih sehingga hidung mengalami penyumbatan.

Sinusitis biasanya merupakan komplikasi dari batuk pilek. Gejala lain yang mungkin akan timbul adalah sakit kepala dan nyeri otot pada wajah.

Alergi

Alergi terjadi karena sistem imun tubuh bereaksi terhadap zat tertentu alias alergen. Selain hidung mampet, gejala lain yang dapat muncul ketika tubuh terpapar alergen adalah bersin, mata terasa gatal, tenggorokan sakit serta batuk.

Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat?

Rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat tentunya membuat kalian mencari cara untuk mengatasi kondisi tersebut. Kalian tidak perlu bingung karena terdapat banyak cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi hidung mampet, seperti:

1. Menghirup Uap Hangat

Untuk mendapatkan udara yang lembab, kalian bisa melakukan sauna wajah alias menghirup uap hangat. Caranya isilah wadah atau baskom berisi air panas. Condongkan tubuh kalian ke atas permukaan air dan tutupi dengan handuk untuk menangkap uap.

Untuk meringankan gejala, kalian bisa melarutkan dua sendok teh balsem yang mengandung camphor, eucalyptus oil, dan menthol ke dalam air panas.

Kemudian, hiruplah uap hangat selama kurang lebih 10 menit. Ulangi selama 2-3 kalo sehari sampai kalian bisa bernafas dengan lega.

2. Matikan AC dan Kipas Angin

Udara hangat dan lembab merupakan cara tercepat untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat. Mematikan AC dan kipas angin bisa membantu kalian.

Bernafas di udara yang lembab bisa meredakan radang dan pembengkakan pembuluh darah dalam hidung. Udara lembab juga bisa membantu mengencerkan lendir dalam sinus.

3. Banyak Minum Air

Air hangat bisa membantu mengencerkan lendir pada saluran hidung dan meredakan nyeri akibat hidung tersumbat. Untuk variasi, kalian bisa minum teh jahe, mint atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung agen antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

4. Mandi Air Hangat

Cara mudah lainnya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat yakni mandi air hangat. Upa yang dihasilkan dari air hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang menumpuk pada rongga hidung.

Selain itu, uap air hangat juga dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan di dalam hidung. Namun, pastikan kalian tidak menggunakan air yang terlalu panas untuk mandi.

5. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat membantu mengencerkan lendir yang menggumpal pada hidung. Selain mengencerkan lendir, makanan pedas juga mampu melebarkan pembuluh darah pada saluran pernapasan sehingga gejala hidung mampet pun berkurang.

Beberapa jenis rempah yang dapat membantu adalah cabai, lada, wasabi, serta jahe. Jika kalian tidak terbiasa makan pedas, kalian bisa menambahkan sedikit saja rempah tersebut pada makanan kalian.

Itulah tadi penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat dari Nusantaraterkini.co semoga bisa membantu kalian dalam mengatasinya. Selamat mencoba. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co