Kapolres Humbahas Turun langsung Evakuasi Korban Tanah Longsor di Desa Simangulampe

Redaksi

Kapolres Humbahas Turun langsung Evakuasi Korban Tanah Longsor di Desa Simangulampe


HUMBAHAS - Polres Humbahas melakukan evakuasi Bencana Alam Tanah Longsor yang terjadi di Desa simangulampe Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbahas. (2/12/2023)

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto Pimpin langsung kegiatan Evakuasi ke lokasi.

"Dalam penanganan, kami mengerahkan 150 Personil  guna memberikan bantuan kepada masyarakat Simangulampe dan membentuk Tim PRC guna mempercepat kegiatan Evakuasi dan proses pencarian korban," ucap AKBP Hary 

Diketahui, bencana alam tanah longsor yang terjadi di Desa Simangulampe tersebut akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Baktiraja yang mengakibatkan 12 oarng dinyatakan hilang.

Sejauh ini, petugas gabungan  berhasil menemukan satu orang korabn dalam keadaan meninggal dunia.

Tak hanya itu, terdapat juga beberapa bangunan yang tertimbun Tanah longsor yaitu terdapat 12 unit rumah yang tertimbun.

Satu bangunan Sekolah Dasar SDN 173353 Baktiraja dan satu Asrama Mess Hotel Senior Baktiraja.

Dalam hal penanganan, pihak kepolisian turut melaksanakan Patroli Air di sekitaran Danau guna pencarian korban.

"Beberapa personel juga ditugaskan untuk menjaga rumah masyarakat yg terkena dampak agar tidak dimasuki oleh sembarangan orang. Tak hanya itu, Polres Humbahas juga sudah menyiapkan dapur umum di sekitaran lokasi untuk masyarakat yang terkena dampak," jelas AKBP Hary

Menyikapi kejadian ini, Kapolres Humbahas juga telah menempatkan anggota untuk memberikan pengarahan kepada pengguna jalan agar berhati-hati saat melintas.

"Selain itu, tanda-tanda rambu juga telah dipasang di setiap persimpangan jalan menuju kecamatan Bakkara guna memberi peringatan kepada pengguna jalan mengenai bahaya longsor. katanya.

Hingga kini, personel Polres Humbahas bersama pihak Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD), TNI dan Dinas Kesehatan berserta seluruh masyarakat masih melakukan pencarian korban.

"Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Desa Simangulampe sebagai bukti Polri selalu Hadir di tengah-tengah Masyarakat. Kami juga tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap selalu waspada dan berhati-hati," tutup AKBP Hary.

(*)