Makanan Setelah Olahraga yang Baik untuk Dikonsumsi

Redaksi

Makanan Setelah Olahraga yang Baik untuk Dikonsumsi

JAKARTA - Olahraga akan lebih optimal apabila di support dengan asupan gizi yang memadai. Lantas, makanan setelah olahraga yang baik untuk dikonsumsi apa ya?

Konsumsi makanan yang tepat setelah olahraga tidak hanya memulihkan energi, melainkan juga membangun massa otot dan mempersiapkan tubuh untuk sesi olahraga berikutnya.

Biasanya, setelah olahraga kalian sebaiknya memulihkan kondisi tubuh dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar mengaku asupan nutrisi yang tepat dapat mengembalikan cadangan energi yang hilang dalam bentuk glikogen dan merangsang pertumbuhan otot baru lebih cepat.

"Nutrisi yang paling dibutuhkan setelah berolahraga adalah makanan sumber protein, karbohidrat, dan lemak," katanya, Sabtu (23/12/2023).

Untuk itu, nusantaraterkini.co mencoba menilik makanan apa yang baik dikonsumsi setelah berolahraga dari beberapa sumber yang sudah dirangkum seperti:

Buah-buahan

Setelah berolahraga, kalian sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan yang recomended untuk dikonsumsi setelah olahraga, kata Martina Tience Kelyombar, seperti Nanas, Kiwi dan Beri.

"Tiga buah tersebut selain kaya akan vitamin, juga mudah untuk dicerna tubuh," katanya.

Selain itu, sambung wanita yang akrab disapa Coach Tience ini menyatakan buah-buahan juga mengandung gula alami yang membantu memecah asam amino dan mencegah peradangan yang terjadi pada otot.

"Pisang juga bagus untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Mengingat karbohidrat yang terdapat pada pisang bisa membantu tubuh menyerap dan menggunakan protein dengan lebih baik," ujarnya.

Alhasil, otot tubuh kalian akan lebih cepat pulih terutama setelah melakukan olahraga ketahanan, seperti angkat beban.

Telur Utuh dan Roti Panggang

Makanan setelah berolahraga yang cocok kalian konsumsi yakni telur utuh dan roti panggang. Karena, kata Coach Tience, telur merupakan sumber protein yang sangat baik.

Sementara roti mengandung karbohidrat untuk mengisi kembali energi yang hilang saat olahraga. "Kalian bisa berkreasi dan menjadikan olahan telur goreng orak-arik atau hanya sekadar direbus lalu sajikan dengan roti gandung panggang," katanya.

Ubi Jalar

Ubi jalar bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk membantu tubuh kalian kembali pulih setelah olahraga kardio. Karbohidrat sehat seperti ubi bisa membantu mengisi energi tubuh kalian setelah latihan atau olahraga yang melelahkan.

"Jika tidak mengisi energi, maka kalian mungkin merasa lelah ketika berolahraga," ujarnya.

Susu atau Shake

Susu atau shake mengandung rasio antara karbohidrat dan protein yang ideal yakni 4:1 untuk membantu memberikan energi dan menyusun kembali otot kalian.

"Kalian yang rutin minum satu gelas susu atau shake setelah berolahraga akan mengalami recovery lebih cepat daripada minuman yang mengandung karbohidrat.

Salad dengan Alpukat

Alpukat dapat menjadi pilihan sumber makanan karbohidrat dan lemak baik yang bagus untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga. Selain mengenyangkan dan bisa menjadi sumber energi, Alpukat juga kaya akan vitamin dan serat yang baik untuk sistem pencernaan kalian.

"Kalian bisa mencampurkan alpukat dengan irisan buah atau sayur sebagai salad dengan taburan shake agar terlihat seperti sop buah," kata Coach Tience.

Dengan memilih asupan untuk berolahraga dan setelah olahraga secara tepat, tubuh kalian akan lebih siap beraktivitas secara intens dan terhindar dari kelelahan berlebih.

Itulah tadi 5 makanan setelah olahraga yang baik untuk kalian konsumsi. Tujuannya agar tubuh kalian bisa cepat pulih setelah berolahraga. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co