Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Perut Kosong

Redaksi

Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Perut Kosong

JAKARTA - Makanan yang cocok untuk kalian konsumsi saat perut kosong sangat menentukan tubuh kalian segar atau tidaknya. Karena, saat perut kosong, rasa lapar mungkin membuat kalian tergoda mengonsumsi makanan apa saja yang kalian lihat.

"Dan itu berujung menjadi kebiasaan yang bisa merugikan kesehatan karena tidak semua makanan yang ada di sekitar kalian baik dikonsumsi saat perut kosong," kata Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar, Rabu (20/12/2023).

Perut yang kosong, kata Martina Tience Kelyombar biasanya lebih sensitif. Bisa jadi tidak membuat kalian kenyang, melainkan membuat kalian salah memilih makanan yang justru menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, perut kembung dan lain sebagainya.

Untuk itu, nusantaraterkini.co mencoba menilik makanan apa yang cocok dikonsumsi dari berbagai sumber saat perut kosong. Diantaranya makanan yang cocok untuk dikonsumsi adalah:

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mungkin lebih sering dikonsumsi sebagai cemilan. Padahal, makanan ini sebetulnya bisa membuat kalian kenyang. Meski padat kalori, sifatnya yang mengenyangkan dan seratnya yang tinggi justru membantu menjaga berat badan.

Pepaya

Selain kacang-kacangan, buah juga bisa dikonsumsi untuk dimakan saat perut kalian kosong. Misalnya seperti buah pepaya. 

Satu buah pepaya dengan ukuran sedang, kata wanita yang akrab disapa Coach Tience ini mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat. Di mana terdapat 5 gram serat dan 18 gram gula serta 2 gram protein. Pepaya merupakan sumber yang sangat baik dari manfaat vitamin C dan satu buah pepaya memberikan 224 persen dari kebutuhan harian.

Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal pada pagi hari sangat dianjurkan karena termasuk sebagai sumber serat baik yang bisa memberikan energi secara bertahap. Oatmeal dapat menciptakan lapisan pelindung pada sistem pencernaan untuk mencegah asam klorida.

Beberapa nutrisinya kata Martina Tience Kelyombar, juga baik untuk mengontrol kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Pisang

Pisang merupakan satu makanan alami yang paling sempurna, dengan takaran serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang sehat. Makan satu atau dua buah pisang pada pagi hari, kata wanita yang akrab disapa Coach Tience ini akan membantu kalian memulai hari dengan energi ekstra.

Selain itu, akunya, nutrisi dari karbohidrat juga akan memberi kalian dorongan ketika gula darah rendah sebagai energi.

Tomat

Makan tomat sebenarnya dapat dilakukan kapan saja. Saat perut kosong pun, sambungnya, tomat boleh dikonsumsi. Karena, tomat satu alternatif menu sarapan yang baik karena mengenyangkan, kaya nutrisi dan rendah kalori.

Tomat, kata Martina Tience Kelyombar juga memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi makanan tinggi serat seperti tomat bisa membuat kalian merasakan kenyang yang lebih lama.

Nutrisi dalam tomat, juga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Selain itu, tomat mengandung air yang cukup banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan dan membantu mencegah dehidrasi.

Itulah tadi 5 makanan yang bisa kalian makan saat perut kosong sehingga kalian tidak perlu khawatir asam lambung naik. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co