Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Redaksi

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Manusia

JAKARTA - Manfaat air putih bagi tubuh manusia sangatlah banyak. Bukan semata menghilangkan dahaga, minum air putih juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga setiap sel, jaringan, dan organ di dalam tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar menyatakan sangat disarankan kepada orang dewasa mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter setiap hari.

Sementara untuk wanita yang tengah hamil sangat dianjurkan mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan bagi wanita yang menyusui harus mengonsumsi air putih sebanyak 3 liter per hari.

Air putih sebenarnya memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang sangat bagus dan rekomended untuk dikonsumsi setiap hari. Untuk itu, nusantaraterkini.co mencoba untuk menilik manfaat air putih dari berbagai sumber untuk tubuh manusia.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat air putih dapat meningkatkan metabolisme sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada penurunan berat badan.

Dengan meminum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang sehingga porsi makan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori dalam tubuh tetap terjadi dan berat badan tetap terkontrol.

Menjaga Kesehatan Sendi

Manfaat air putih yang cukup secara rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi serta otot. Dengan demikian, otot tidak kaku dan tubuh pun tidak cepat lelah saat bergerak atau beraktivitas.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Founder Of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar mengatakan kesehatan pencernaan juga dipengaruhi oleh asupan cairan yang ada di dalam tubuh. Kurangnya asupan dapat menyebabkan terganggunya cairan seperti sembelit dan susah untuk buang air besar (BAB). Minum air putih secara teratur tentu dapat mencegah hal tersebut.

"Dengan mengonsumsi air putih, maka tubuh kalian akan sangat bagus dalam hal pencernaan sehingga paling tidak membuat kalian gampang untuk BAB," katanya.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Tercukupinya cairan tubuh dapat mencegah biotizen dari penyakit kardiovaskular seperti jantung, serangan jantung, dan stroke. Dengan mengonsumsi air putih, kata wanita yang akrab disapa Coach Tience biotizen dapat menjaga fungsi organ tubuh, memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah yang pada akhirnya dapat menjaga tekanan darah pada taraf yang baik.

Dengan banyak mengonsumsi air putih, sambung Coach Tience, maka tubuh kalian akan tercukupi cairan sehingga kesehatan pun dapat terjaga. "Ayo konsumsi air putih sehari minimal 2 liter atau sebanyak 8 gelas," aku wanita pemilik nama lengkap Martina Tience Kelyombar, Selasa (19/12/2023).

Membantu Penyerapan Nutrisi

Selain membantu pemecahan makanan, minum air putih juga membantu melarutkan vitamin, mineral dan nutrisi lain dari makanan. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih dapat juga membantu mengirimkan komponen vitamin ini ke seluruh tubuh untuk digunakan.

Itulah tadi 5 manfaat mengonsumsi air putih secara rutin untuk tubuh kalian sehingga menyebabkan tubuh kalian segar dan kesehatan pun tidak hanya sebatas mimpi. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co