Manfaat Gula Merah yang Jarang Kamu Ketahui

Redaksi

Manfaat Gula Merah yang Jarang Kamu Ketahui

JAKARTA - Gula merah memiliki rasa manis yang khas. Selain rasa yang khas, ternyata gula merah juga banyak manfaatnya buat tubuh kalian.

Biasanya, penggunaan gula merah dicampurkan ke makanan dan minuman yang akan membuat makanan dan minuman itu lebih berasa dari biasanya.

Di mana, gula merah sendiri berasal dari penambahan molases atau tetesan tebu. Bahan tersebut pun mengandung potassium, kalsium, magnesium dan vitamin B. Maka dari itu, nusantaraterkini.co berusaha menilik dari berbagai sumber manfaat dari gula merah di tubuh apabila dikonsumsi.

Meningkatkan Energi

Satu manfaat gula merah untuk kesehatan yakni meningkatkan energi. Jika badan sedang lemas dan tidak bertenaga, konsumsilah kopi atau teh yang dicampur dengan gula merah dengan porsi yang disesuaikan. Terlebih ketika merasa lemas karena hipoglikemia, olahan dengan kandungan gula merah dapat membantu meningkatkan energi.

Mengurangi Nyeri Perut saat Haid

Potassium yang terkandung pada gula merah dapat membantu otot rahim lebih rileks. Ini sangat bermanfaat bagi wanita. Karena, mampu mengurangi kontraksi yang muncul ketika datang bulan atau lebih sering dikenal haid.

Kalian dapat mengonsumsi gula merah dengan melarutkannya di dalam teh hangat. Minuman ini dapat membuat perut terasa lebih nyaman.

Menjaga Kadar Gula Darah

Gula aren yang mengandung jumlah glukosa yang lebih sedikit dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang gula meja atau madu. Itulah kenapa gula merah atau gula aren dapat membantu menjaga kadar gula darah menjadi lebih stabil daripada jenis pemanis lainnya.

Maka dari itu, mengonsumsi gula merah ini tidak akan membuat tingkat energi meningkat drastis dan cepat habis. Selain memerhatikan jenis gula, cari tahu berbagai makanan sehat lainnya yang baik untuk pengidap gula darah.

Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Palm sugar atau gula merah memiliki kadar kalium yang lebih tinggi daripada sayuran hijau dan pisang. Kalium merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga fungsi dan aktivitas sistem saraf yang baik, seperti kontraksi otot dan detak jantung yang teratur.

Mengonsumsi makanan berkalium juga bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat gula merah lainnya yakni bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Pasalnya, otak memerlukan glukosa sebagai sumber energi untuk meningkatkan kinerja otak dalam berpikir, mengingat atau membuat keputusan.

Apabila otak kekurangan glukosa, maka neurotransmiter yakni pembawa pesan kimiawi di otak akan terganggu. Meskipun otak memerlukan glukosa sebagai sumber energi, bukan berarti kalian bisa bebas mengonsumsi makanan tinggi gula.

Bantu Pulihkan Tubuh Pasca-olahraga

Saat kalian melakukan olahraga berat, tubuh akan menggunakan banyak cadangan energi atau glikogen di dalam tubuh. Mengonsumsi sumber karbohidrat sederhana, seperti gula merah dapat membantu mengisi kembali energi yang hilang dengan cepat setelah berolahraga.

Namun, jangan hanya fokus mengonsumsi gula, imbangi juga dengan asupan nutrisi lainnya seperti protein sebagai makanan setelah berolahraga untuk memulihkan tubuh.

Itulah tadi 6 poin manfaat dari gula merah yang perlu kalian ketahui agar kondisi tubuh kalian tetap fit dan segar. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co