Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

Redaksi

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

JAKARTA - Dalam dunia kesehatan, minum kopi memiliki manfaat yang beragam. Secangkir kopi dapat memberikan sejumlah manfaat, termasuk peningkatan energi, peningkatan fokus, perlambatan penurunan kognitif serta kandungan antioksidan yang melindungi sel tubuh dari oksidatif.

Minuman kopi merupakan satu minuman yang sangat populer beberapa tahun belakangan ini. Namun yang lebih banyak diminati sebagian besar orang adalah minuman kopi dengan berbagai rasa seperti susu atau gula.

Padahal kopi yang memiliki manfaat untuk kesehatan adalah kopi tanpa gula.

Pentingnya minum kopi ini membuat nusantaraterkini.co mencoba menilik manfaat dari minum kopi tanpa gula, yakni:

Peningkatan Fokus dan Konsentrasi

Peningkatan fokus dan konsentrasi satu manfaat minum kopi. Itu dikarenakan kafein dalam kopi dapat merangsang pelepasan neurotransmiter tertentu pada otak, yang membantu meningkatkan kemampuan untuk memusatkan perhatian pada tugas penting.

Meningkatkan Performa Olahraga

Satu manfaat kopi tanpa gula yang terbaik adalah meningkatkan performa fisik saat olahraga. Kopi hitam bekerja dengan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang intens.

Selain itu, kopi hitam juga dapat memecah lemak tubuh yang disimpan dan melepaskan sel-sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas. Hal tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

Membantu Membersihkan Saluran Pencernaan

Kopi adalah minuman diuretik yang membuat kalian ingin sering 'ke belakang'. Karena itu, dengan minum kopi hitam tanpa gula, racun dan bakteri dapat dengan mudah ikut terbawa bersama feses yang dibuang.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Minum tiga hingga lima cangkir kopi setiap hari sudah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 15 persen. Bahkan, minum kopi secara rutin dapat menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol, hingga serangan jantung.

Manfaat tersebut bisa didapatkan ketika kopi dikonsumsi tanpa bahan-bahan tambahan, termasuk gula, susu hingga krimer.

Bahan-bahan tambahan tersebut akan mengurangi kadar kalori, lemak dan gula yang justru akan berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Buat Kalian Jauh dari Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Jika tidak dikontrol, penyakit diabetes dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lainnya.

Kalau kalian perlu mengontrol gula darah secara disiplin dengan pola makan sehat. Satu cara yang bisa ditempuh, tentu saja dengan mengontrol asupan kalori harian. Minum kopi tanpa gula membantu kalian menurunkan jumlah asupan kalori harian.

Itulah tadi 5 manfaat minum kopi tanpa gula yang bisa kalian ketahui sehingga kalian bisa menikmatinya. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co