Membedakan Madu Asli dan Palsu

Redaksi

Membedakan Madu Asli dan Palsu

JAKARTA - Membedakan madu asli dan palsu memang sangat membingungkan. Namun, ada perbedaan yang secara keseluruhan dan hampir semua kalian dapat membedakannya.

Perbedaan antara madu asli dan madu palsu secara gamblang yakni kalian bisa mengambil satu sendok madu dan campurkan dengan segelas air. Perbedaannya yakni, apabila madu palsu maka madu akan dengan mudah larut dalam air. Sedangkan madu asli akan jatuh ke dasar gelas dalam keadaan utuh. Itulah cara gamblang membedakan antara madu asli dan madu palsu.

Madu merupakan satu sumber alami yang diyakini memiliki banyak khasiat kesehatan. Bukan hanya itu, madu juga enak karena memiliki cita rasa manis yang khas dan disukai banyak orang, termasuk kalian. Memang, untuk membedakan madu asli dan palsu sering menjadi perbincangan khalayak ramai. Pada dasarnya, dua jenis madu ini jelas berbeda.

Begitupun, nusantaraterkini.co akan mencoba menilik membedakan madu asli dan palsu dari berbagai sumber. 

Madu Asli Mudah Terbakar

Madu memang berbentuk cairan, namun jika madu yang kalian miliki adalah madu asli, maka dia mudah terbakar. Caranya, masukkan korek api batangan ke madu. Kemudian, angkat dan nyalakan. Maka, korek tersebut tetap akan terbakar meskipun telah terkena benda cair. Berbeda dengan madu palsu, korek api akan jadi basah dan tidak akan terbakar.

Madu Asli Mengkristal

Seiring waktu, bagaimanapun cara kalian menyimpan madu, madu asli akan mengkristal. Itu terjadi karena kandungan glukosa oksidase di dalamnya yang bisa menghilangkan air dari madu.

Rebus dengan Sendok

Cara membedakan madu asli dan palsu juga bisa dilakukan dengan merebusnya dengan sendok. Jadi, kalian cukup menuangkan madu ke sendok dan panaskan di atas api. Apabila madu mengeluarkan busa cukup banyak bahkan hampir tumpah dari sendok, maka madu tersebut bisa dibilang asli atau murni.

Namun, apabila madu hanya mengeluarkan sedikit busa, maka kemungkinan madu tersebut palsu atau sudah dicampuri dengan bahan lain.

Madu Asli Dikocok Akan Muncul Gelembung Udara

Cara menandakan madu asli dan palsu, kalian cukup mengocok madu tersebut, kalau madu itu menggumpal dan tidak bisa dikocok, berarti itu sintetis atau campuran. Namun, madu asli bila dikocok akan muncul gelembung udara tipis atau buih di atasnya. Itu pertanda madu tersebut bagus atau asli, tidak ada zat kimia dan bukan sintetis.

Bekukan Madu

Untuk membuktikan madu tersebut asli dan palsu, kalian bisa memakai cara membekukan madu tersebut. Kalian bisa memasukkan madu ke dalam Freezer. Apabila madu tidak membeku setelah beberapa lama di dalam freezer, maka bisa dikatakan asli. Sebaliknya, apabila madu menjadi beku, maka madu tersebut kemungkinan telah dicampur atau palsu.

Itulah tadi 5 tanda membedakan madu asli dan palsu agar kalian tidak tertipu saat membeli madu yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kalian. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co