Polda Sumut dan Polres Humbahas Menurunkan Tim Trauma Healing Pascabencana Longsor

Redaksi

Polda Sumut dan Polres Humbahas Menurunkan Tim Trauma Healing Pascabencana Longsor

NUSANTARATERKINI.CO, HUMBAHAS - Tim relawan Trauma Healing dari Polda Sumatera Utara dan Polres Humbang Hasundutan telah turun ke lokasi bencana di Desa Simaungalape, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan pada Sabtu (9/12/2023).

Tim Relawan Trauma Healing dari Polda Sumatera Utara dan Polres Humbang Hasundutan melakukan kegiatan trauma healing kepada anak-anak yang terdampak bencana banjir.

Mereka memberikan hiburan melalui serangkaian kegiatan yang menyenangkan seperti permainan edukatif, bernyanyi, bercerita, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk membantu anak-anak melupakan dampak bencana alam yang mereka alami.

Kegiatan ini dilakukan di tempat pengungsian bencana alam, yaitu Kantor Camat Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Trauma Healing merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan di lokasi bencana.

Hal ini merupakan proses pemberian bantuan penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan mental lainnya akibat terdampaknya oleh bencana alam.

Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto menyampaikan, Polda Sumatera Utara dan Polres Humbang Hasundutan menurunkan Tim ahli Trauma Healing sebanyak 32 personil.

"Bersama Tim Trauma Healing dari Polda Sumut, kami memberikan hiburan kepada warga, khususnya anak-anak, agar trauma pasca bencana bisa terobati, dan mereka tidak takut lagi untuk beraktivitas seperti biasa," ujarnya.

"Ide kami adalah mengembalikan keceriaan anak-anak setelah bencana banjir. Harapannya, mereka bisa melupakan kejadian tersebut dan melakukan antisipasi untuk mencegah trauma yang dirasakan oleh anak-anak yang terdampak bencana alam," tambah AKBP Hary.

Trauma healing bagi warga yang mengalami masa sulit akibat bencana sangat penting dilakukan karena mereka cenderung akan dihantui oleh rasa cemas yang berlebihan jika bencana kembali terjadi.

Trauma healing adalah langkah rehabilitasi yang tepat bagi para korban bencana untuk menyembuhkan diri dari tragedi yang mereka alami pasca bencana.

Peran trauma healing adalah mengalihkan pikiran negatif terhadap bencana agar warga tidak terlalu larut dalam kesedihan.

Dalam prosesnya, mereka diajak untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan sehingga bisa melupakan trauma akibat bencana.

Kegiatan ini turut melibatkan Ketua tim Agung Suprapto D.C S.psi.,M.psi,Psikolog M.K.P dari Trauma Healing Polda Sumatera Utara, Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto SH SIK MH, Anggota Staf Trauma Healing Polda, dan Staf Trauma Healing Polres Humbang Hasundutan.

Kegiatan trauma healing telah menjadi rutinitas bagi relawan Tim Trauma Healing Polda Sumatera Utara dan Polres Humbang Hasundutan dalam melakukan aksi kemanusiaan.

(*)