Sosok Kombes Rony Samtana Jabat Wakapolda Sumut yang Baru

Redaksi

Sosok Kombes Rony Samtana Jabat Wakapolda Sumut yang Baru


JAKARTA - Kombes Pol Rony Samtana Putra diangkat oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Wakapolda Sumatera Utara (Sumut) menggantikan Brigjen Pol Jawari.

Informasi diperoleh, pengangkatan tersebut berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor ST/2750/XII/KEP./2023 pertanggal 7 Desember 2023 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Dalam surat telegram tersebut disebut, Kombes Pol Rony Samtana yang sebelumnya menjabat Wadir Tipidter Bareskrim Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolda Sumut.

Sementara Brigjen Pol Jawari yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sumut diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri.

Seperti diketahui, dengan diangkatnya Kombes Pol Rony Samtana sebagai Wakapolda Sumut, maka otomatis dia akan mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Brigjen Pol atau dengan bintang satu di pundak.

Kombes Pol Rony Samtana sendiri bukan sosok yang baru di Polda Sumut. Sebelum bertugas di Bareskrim Polri, dia pernah menjabat sebagai sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut.

Rony Samtana sendiri merupakan lulusan Akpol 1996. Ia masuk ke Akademi Kepolisian setelah lulus dari SMA Taruna Nusantara.

Sebelum berada pada posisinya yang sekarang, Rony Samtana pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di Polri, bahkan ia juga pernah bertugas di KPK. Selain itu Rony juga pernah menjabat Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel).