Proses Pemilu Itu Panjang, Tidak Sekilat Proses di Balik Bilik Suara

Redaksi

Proses Pemilu Itu Panjang, Tidak Sekilat Proses di Balik Bilik Suara


JAKARTA - Proses Pemilu itu panjang, tidak sekilat proses di balik bilik suara. Di mana 14 Februari 2024 nanti seluruh masyarakat Indonesia akan melakukan Pemilu 2024 serentak.


Hasil coblosan jutaan orang itu nantinya, masih akan dikumpulkan, dihitung, dicatat, diantarkan, direkapitulasi lagi, dilaporkan lagi dan seterusnya.


"Nah semakin panjang prosesnya, semakin tinggi potensi kecurangannya kan?" tanya Najwa Shihab di postingan akun tiktoknya sendiri, Selasa (13/2/2024).


Dalam video itu, Najwa Shihab menjabarkan modusnya yang mulai dari penambahan atau pengurangan jumlah suara, pemilih ganda, perubahan data, kesalahan catat, pengrusakan kertas, politik uang. "Dan masih banyak lagi cara-cara yang belum kita bayangkan," ujarnya.


Wanita yang akrab disapa Mbak Nana ini menyatakan dalam postingannya, peran masyarakat sebagai pemilih tidak tuntas dengan hanya menaruh suara di TPS.


"Tapi penting untuk ikut memastikan suara itu dikelola seperti seharusnya. Salah satu caranya, kita bisa langsung foto, rekam, laporkan, bila melihat ada indikasi kecurangan baik di TPS atau bukan," terangnya.


Termasuk ancaman dan pemaksaan pemilih, politik uang, manipulasi formulir C, atau penyelewengan lainnya.


"Bila teman-teman menemukan kejanggalan, mari laporkan ke sejumlah platform pelaporan Pemilu. Ini sebagian diantaranya, jagapemilu.com, kecuranganpemilu.com, jagasuaramu.id, wargajagasuara.com, sigaplapor.bawaslu.go.id, kawalpemilu.org," katanya.

Daripada bergulat dengan curiga, sambungnya, lebih baik ikut menjaga. "Karena yang kita pertaruhkan ini terlalu besar untuk dikawal bersama. Pastikan suara rakyat dikawal oleh rakyat," pungkasnya.


Postingan ini pun mendapat sambutan dari netizen dengan 452,6 ribu like, 12,7 ribu komentar, 35,5 ribu orang yang menjadikan video ini favorit, serta 16,2 ribu netizen yang menshare video ini.


@abbarr: Aku 01 Tpi setelah nonton dirty vote aku pindah ke 02😭🙏


@uulfadhillahdhill: aku 02 setelah nonton dirty vote tetep 02 lihat fyp wisuda Unhan makin mantap pilih 02


@kalula: aku milih Pak Prabowo tapi malah aku yg deg degkan, takut banget ada kecurangan😭


@Odette: Bener banget, kita harus nonton dirty vote biar makin yakin kalo pilih 02


@eS Ha Store: kenapa pemilu ngk pake aplikasi aja sih, dengan akses sidik jari.. otomatis kan minim kecurangan 🥺 soalnya kan yg punya ktp udah pasti kerekam sidik jarinya..


@🕳️𝙈4𝙉𝙏4𝙉🕳️🐋: sekelas Nazwa shihab aja dukung prabowo✌😎

All in 02

SATU PUTARAN


@PENGENTOBAT 🕊️: pilih anis

dukung ganjar

coblos prabowo

setuju yaaa semuanya...✌✌(*)


Sumber Nusantaraterkini.co