Polres Humbahas Gelar Sispamkota Pilkada 2024

Redaksi

Polres Humbahas Gelar Sispamkota Pilkada 2024

Humbahas - Polres Humbang Hasundutan menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai persiapan menjelang Pilkada serentak 2024. 

Simulasi ini dilaksanakan di lapangan apel Mako polres Humbang Hasundutan Jalan Tapiannauli, Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sabtu (24/8/2024).

Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pengamanan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah, termasuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati yang diadakan secara serentak di Indonesia.

"Simulasi mencakup pengecekan personil, peralatan, serta pengendalian massa yang mengarah ke Gedung KPU dan pengamanan kotak suara yang TPS saat tahap pencoblosan sampai penetapan bupati dan wakil bupati yang terpilih," ucap AKBP Hary 

Dalam simulasi ini, sambung Kapolres, berbagai tahapan pemilu diperagakan, mulai dari pendistribusian logistik, masa kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang. 

"Penekanan khusus diberikan pada Pengendalian Massa (Dalmas) dengan melibatkan berbagai unit, seperti Dalmas Awal, Dalmas lanjut, Negosiator, sampai penindakan Gakkum yang dilakukan tindakan yang dilakukan pihak keamanan," tambahnya. 

Masih dikatakan AKBP Hary, dengan simulasi ini, diharapkan seluruh pihak yang terlibat dapat menjalankan tugasnya dengan optimal, memastikan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. 

Kesiapan yang matang akan berkontribusi pada keberhasilan pemilihan yang demokratis dan kondusif tujuan utama dari simulasi Sispamkota ini adalah untuk memberikan gambaran kepada seluruh personel Polres Humbang Hasundutan  dan Polsek jajaran tentang tahapan-tahapan yang benar terkait pengendalian massa.

"Sehingga nantinya tidak ada lagi personel yang melakukan pelanggaran saat mengamankan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh simpatisan ataupun pendukung dari Partai Politik (Parpol) dan Calon bupati serta Calon wakil bupati peserta Pemilukada 2024," pungkas Kapolres Hary.


(*)